Medium Tank Kuda Besi Buatan Indonesia Terbaru dengan Teknologi Canggih dan Proteksi Tingkat Tinggi

Medium tank harimau
Sumber :
  • Pt pindad

Siap –Sebuah lompatan besar dalam kemampuan pertahanan TNI terungkap dengan Medium Tank Harimau, hasil kolaborasi antara PT Pindad Indonesia dan FNSS Turki.

Eks Prajurit TNI yang Membelot ke OPM Tewas Ditembak, Begini Kronologinya

Dengan bobot 30 ton dan power to weight ratio 24 tenaga kuda per ton, tank ini mendefinisikan standar baru di dunia kendaraan tempur.

Tank Harimau dilengkapi dengan two man turret kaliber 105 mm dan senapan mesin 7,62 mm, namun keunggulan sejati terletak pada teknologi terkini yang diusungnya. 

Saling Tembak saat Aparat Gabungan Gerebek Markas KKB, Temukan Amunisi dan Jenazah

Sistem kewaspadaan mandiri, alarm penargetan musuh, pemburu musuh, manajemen pertempuran, hingga proteksi level 5 untuk balistik tertinggi membuatnya menjadi pilihan unggul.

Desain khusus untuk operasi tropis seperti hutan memberikan kelebihan tak terbantahkan, sedangkan uji tembak tahap akhir oleh PT Pindad sukses dilakukan pada 22 Agustus 2023. Hasilnya, tank Harimau siap menempuh tahap selanjutnya dengan penuh keyakinan.

Heboh soal Juru Parkir Liar, Begini Respons Pemerintah: Siap-siap Penertiban Massal

Dalam acara uji tembak, Danpussenkav, Mayjen TNI Muhammad Zamroni, menyatakan, "Peperangan konvensional jelas harus ada tank, dan inilah ranpur kebanggaan kita dan menjadi masa depan Indonesia."

Sementara itu, Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, memastikan bahwa semua fungsi yang diuji sebelumnya telah diterapkan.

Halaman Selanjutnya
img_title