Qatar Jual Mirage 2000-5 ke Indonesia, Ini Detail Spesifikasinya yang Membuat Heboh

Pesawat mirage 2000-5
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) telah mengambil keputusan luar biasa dengan membeli pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar, mengisi gap kesiapan tempur TNI Angkatan Udara (AU).

Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Menkominfo Angkat Bicara: Enggak Ada Itu dari Temannya

Dalam kontrak monumental dengan nilai 733 juta Euro, dikonfirmasi bahwa pesawat ini akan disediakan oleh Excalibur International dari Republik Ceko, dengan kontrak efektif mulai Mei 2023.

Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha, menyatakan.

Innalilahi, Pesawat Jatuh di BSD, Data Korban Tewas Jadi Sorotan

"Saat ini status kontrak sedang dalam proses efektif kontrak." Rencananya, jet tempur Dassault Aviation tersebut akan ditempatkan di Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, 24 bulan setelah kontrak efektif.

Mirage 2000-5, sebuah mahakarya dari Dassault Aviation, telah menjadi pusat perhatian seiring keputusan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) dalam membeli 12 unit pesawat bekas ini dari Qatar. 

Diundang sebagai Pembicara Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Alasannya Jadi Presiden Indonesia

Pesawat tempur multi-peran ini telah membuktikan dirinya sebagai aset tak ternilai sejak pertama kali beroperasi pada 1984.

Mirage 2000 lahir sebagai pesawat tempur supersonik bermesin tunggal dengan desain sayap delta, menjadi simbol kemajuan teknologi militer generasi keempat. 

Halaman Selanjutnya
img_title