Pakar Komunikasi: Cak Imin Blunder, Gibran Menggurui, Mahfud MD Realistis

Heboh debat cawapres, Gibran, Cak Imin dan Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Debat cawapres putaran pertama telah menyita perhatian publik. Alhasil, gaya masing-masing kandidat, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD itu pun menuai beragam komentar. 

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Salah satunya, komentar itu datang dari pakar komunikasi Emrus Sihombing. Menurutnya, masing-masing cawapres telah mengeluarkan karakter asli saat debat yang berlangsung pada Jumat malam, 22 Desember 2023.

Ia menilai cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming terlalu percaya diri dan terkesan menggurui ketika menanggapi setiap pertanyaan panelis. 

PDIP Jalin Komunikasi dengan Cak Imin Bahas Pilkada : Kami Cari Kesepakatan

Menurutnya, sikap Gibran itu terkesan meremehkan cawapres lainnya dan sesekali tidak operasional atau merinci solusi yang ditawarkan.

“Cawapres Gibran, terlalu overconfident sehingga jawabannya cenderung mendikte dan menggurui, ditambah dirinya memberikan program harapan yang tidak diikuti rincian operasional seperti mengurangi pengangguran” katanya saat mengikuti nobar debat cawapres di yang diadakan oleh Komunitas Rakyat Sayang Indonesia di Oktaf Cafe, Tebet, Jakarta Selatan, kemarin.

Cak Imin Prihatin Liat Kondisi Tenda dan Fasilitas Calon Haji

Sedangkan, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), kata Emrus, tampil percaya diri dan terlalu blunder seperti ketika menjelaskan tentang target pembangunan 40 kota setara Jakarta.

“Cawapres Muhaimin yang selalu menyinggung adanya ketidakadilan, lalu tidak ada solusi program nya utk mengatasi ketidakadilan yang dimaksud ditambah dirinya seringkali blunder bagi dirinya sendiri," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title