Kisah Dibalik Video Viral Penyelamatan Korban Marapi Terungkap, Ternyata Memang Menegangkan

Potret proses evakuasi korban Marapi
Sumber :
  • Tangkapan layar/istimewa

Siap –Kisah aksi heroik dua warga Batu Plano, Muhammad Andika dan Tomi Hidayat saat melakukan penyelamatan korban Gunung Marapi, Sumatera Barat, menjadi perhatian publik.

Viral Gegara Sebut Kristen Progresif, Brian Siawarta Pilih Mundur Jadi Pendeta

Karena apa yang mereka lakukan itu sangat diluar nalar lantaran bantuan belum tiba, hal tersebutlah yang akhirnya menarik perhatian Deddy Corbuzier untuk mengulik lebih dalam tentang aksi heroik mereka.

Alhasil, kedua orang tersebut dihadirkan dalam podcast YouTube Deddy Corbuzier. Dalam perbincangan tersebut, Andika dan Tomi menceritakan perjuangan mereka mengevakuasi para pendaki dengan alat seadanya.

Aksi Heroik Polisi Tangkap Pencuri Modus Tukar Uang Palsu

Kala itu, Andika terlebih dahulu pergi menyisir wilayah gunung bersama warga lainnya tepat pada malam hari setelah gunung tersebut meletus.

Kemudian, Tomi baru menyusul di hari berikutnya. Andika menuturkan bahwa kondisi Gunung Marapi saat itu sudah dipenuhi oleh abu vulkanik yang sangat tebal sehingga jarak pandang terbatas dan tanah bebatuan pun sudah tertutup rata dengan abu.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi, Jalan Bukittinggi-Padang Putus Total

Sebagai warga lokal yang sering pergi ke gunung, jalanan di sana sudah melekat di ingatan Andika. Ia mengaku cukup kesulitan saat membawa korban turun dari gunung tetapi dengan mudah menemukan jalurnya.

"Turun susah karena jalannya sudah hilang. Sudah enggak di jalur, cuma patokannya kita pernah ke sini. Patokannya itu kita pernah lihat pohon ini, pernah ada di pinggir sini, jadi trabas aja," ungkap Andika, dikutip Sabtu 16 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title