Manfaatkan Kecerdasan Buatan, Mentan Dorong Petani Digital dari Kalangan Milenial

Mentan Amran soal petani milenial
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman memastikan, bahwa Kementan akan terus mengembangkan teknologi pertanian.

Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

Hal ini dinilai penting, selain untuk mendongkrak kebutuhan pangan, juga agar dapat menarik minat generasi muda, khususnya petani milenial.

"Solusi pertanian ke depan dengan menggunakan digitalisasi. Sekarang pemupukan bisa menggunakan drone dan penggunaan alat mesin pertanian itu tanpa operator," kata Mentan Amran saat mengisi acara Ngobras ASN Culturefest dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023. 

Terungkap! SYL dan Keluarga Sekali Makan Siang Rp10 Juta, Termasuk Wine: Yang Bayar Kementan

Menurut Mentan Amran, metode smart farming petani milenial dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti sensor pertanian, Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan untuk memantau kondisi tanaman secara real-time. 

Selain itu, penggunaan data analitik dapat membantu petani mengoptimalkan penggunaan sumber daya seperti air, pupuk, dan pestisida. 

Modus SYL Manjain Biduan Nayunda, Bermula dari Kirim Stiker WA, Lanjut Apartemen hingga...

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan, salah satu program BPPSDMP adalah melakukan regenerasi petani. 

Sebab menurutnya, yang menjamin pembangunan Indonesia kedepan adalah petani muda, para agribisnis yang digabungkan menjadi petani milenial yang beragribisnis.

Halaman Selanjutnya
img_title