Hujan Deras Picu Kenaikan Tinggi Muka Air Bendung Katulampa, Ancam Sejumlah Wilayah di Jakarta

Bendungan katulampa
Sumber :
  • Tvonenews

Siap –Hujan deras yang melanda Bogor dan Puncak menyebabkan dramatis peningkatan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa, Rabu (29/11/23).

Gegara Ini, Primus Marah saat Rapat di Gedung DPR: Semoga Secepatnya Ditangkap KPK

 Pos Bendung Katulampa mencatat ketinggian yang melonjak dari 10 cm menjadi 130 cm dalam waktu singkat, memaksa peningkatan status siaga menjadi level 3. 

Hanya dalam 30 menit, situasi makin kritis dengan ketinggian mencapai 160 cm dan debit air mencapai 307 ribu liter/detik, memaksa peningkatan status menjadi siaga 2.

Imbas Pohon Tumbang dan Banjir, Margonda Depok Macet Parah

Petugas Bendung Katulampa, Andi Sudirman, mengungkapkan bahwa hujan merata di kawasan hulu dan Puncak, memicu situasi kritis hingga Katulampa.

Dia memberikan imbauan kepada warga di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap waspada menghadapi curah hujan tinggi, yang dapat mengakibatkan bencana di wilayah tersebut.

Atasi Banjir di Mampang Supian Suri Bicara Rencana Relokasi Masjid Al Istiqomah dengan Para Pengurus

Andi Sudirman juga memperkirakan luapan air mencapai Jakarta dalam waktu 12 jam, memperingatkan kemungkinan pasang air laut di muara sungai.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Jakarta diimbau untuk mewaspadai potensi luapan air akibat peningkatan status Bendung Katulampa menjadi siaga 2.

Halaman Selanjutnya
img_title