Begini Klarifikasi TNI soal Omongan Panglima yang Perintahkan Prajurit Piting Warga Rempang

Prajurit TNI
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Pernyataan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, yang memerintahkan prajuritnya untuk memiting masyarakat di Pulau Rempang, Batam yang melakukan demonstrasi menuai sorotan banyak pihak.

Eks Prajurit TNI yang Membelot ke OPM Tewas Ditembak, Begini Kronologinya

Menanggapi hal itu, Kapuspen TNI Laksda TNI, Julius Widjojono akhirnya angkat bicara. Menurut dia, ada salah pemahaman dari masyarakat atas pernyataan tersebut.

Dirinya menjelaskan, bahwa jika dilihat secara utuh dalam video tersebut, Panglima TNI sedang menjelaskan soal demo yang terjadi di Rempang sudah mengarah pada tindakan anarkisme, yang dapat membahayakan, baik bagi aparat maupun masyarakat itu sendiri.

Saling Tembak saat Aparat Gabungan Gerebek Markas KKB, Temukan Amunisi dan Jenazah

"Sehingga (Panglima) meminta agar masing-masing pihak untuk menahan diri," katanya dikutip dari VIVA.co.id pada Senin, 18 September 2023.

Julius juga mengatakan, Panglima TNI dalam hal ini menginstruksikan kepada Komandan Satuan agar melarang prajuritnya menggunakan alat senjata, dalam mengamankan aksi demo warga Rempang.

Heboh soal Juru Parkir Liar, Begini Respons Pemerintah: Siap-siap Penertiban Massal

Hal itu penting, untuk menghindari korban. Sehingga TNI lebih baik menurunkan prajurit lebih banyak, dari pada menggunakan peralatan yang bisa mematikan.

"Panglima mengatakan, jangan memakai senjata, tapi turunkan personel untuk mengamankan demo itu," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title