Bukan Main! Rocky Gerung Bongkar Kegagalan IKN, Jokowi Berada di Ambang Kehilangan Legitimasi

Rocky Gerung
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Pengamat politik Rocky Gerung menilai bahwa ibu kota baru (IKN) Nusantara gagal dan menjadi beban bagi pemerintah berikutnya.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

Hal tersebut disampaikan Gerung menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut bahwa IKN akan dilanjutkan.

"IKN ini sudah gagal, tanda-tandanya sangat besar. Kita bisa mulai tempatkan soal IKN ini bukan dalam skala prioritas yang harus diperbincangkan. Justru lebih menarik untuk mengamati bagaimana manuver-manuver Pak Jokowi menjelang akhir-akhir kekuasaannya ini. Ini kesempatan kita untuk baca bagaimana Jokowi kehilangan kemampuan bahkan untuk mewujudkan yang kita sebut sebagai legasi utamanya," kata Gerung dalam kanal YouTube miliknya, Selasa 21 November 2023

Pilu, Ibu Kandung Pegi Setiawan Minta Tolong Jokowi Usai Sidang Ditunda, Kami Orang Miskin

Rocky Gerung mengatakan bahwa Jokowi sudah menyadari bahwa IKN gagal.

Hal tersebut terlihat dari pernyataan Jokowi yang menyebut bahwa IKN akan dilanjutkan.

Munculnya Sinyalemen Kaesang ke Anies, Ungkap Suka Nonton Program Desak Anies

"Jokowi sudah tahu bahwa IKN gagal. Makanya dia bilang akan dilanjutkan. Itu kan mimpinya. Tapi itu mimpi yang sudah betul-betul delusi," ujar Gerung.

Gerung menilai bahwa IKN gagal karena beberapa faktor, di antaranya kondisi dunia yang tidak mendukung, stabilitas politik di Indonesia yang tidak stabil, dan ketiadaan investor.

Halaman Selanjutnya
img_title