Anies Baswedan Prihatin, Pemilu Dipenuhi Isu Kecurangan yang Mengusik Kondusifitas

Bacapres anies baswedan
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Calon Presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengungkapkan keheranannya terhadap atmosfer gaduh dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Dalam deklarasi Garda Matahari yang mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Anies menyuarakan kebingungannya terhadap prevalensi pembicaraan tentang kecurangan, ketidakadilan, dan manipulasi.

"Mengapa akhir-akhir ini kita bicara tentang jangan sampai ada kecurangan, jangan sampai ada ketidakadilan, jangan sampai ada manipulasi. Artinya ada suasana munculnya ketidakpercayaan hari ini," ungkapnya di Gedung Joang '45, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 17 November 2023.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Anies membandingkan situasi Pemilu 2024 dengan edisi sebelumnya yang dianggapnya kondusif. Bahkan, kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi masih kuat, berbeda dengan suasana menjelang Pemilu kali ini.

Anies baswedan Mengatakan bahwa Selama bertahun-tahun kita melewati Pemilu sejak tahun 1999, 2004, 2009, 2014, 2019 tidak pernah menjelang Pemilu kita bicara tentang hati-hati dengan kecurangan.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Dalam janji kepada masyarakat, Anies, mantan Gubernur DKI Jakarta, berkomitmen untuk membawa perubahan dan mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap demokrasi jika terpilih bersama Cak Imin.

"Bila saya dan Gus Imin nantinya diberikan kewenangan itu, mungkin kita tidak bisa menyelesaikan seluruh masalah tapi satu hal yang pasti kami akan katakan yang benar adalah benar, yang salah adalah salah, jangan dicampur adukkan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title