Kunjungan Kim ke Wilayah Timur Jauh Rusia, Diplomasi, Militer, dan Potensi Kerjasama Antar-Negara

Kim Jong Un
Sumber :

Siap –Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, telah memulai tur ekstensifnya ke wilayah timur jauh Rusia yang dimulai pada hari Selasa lalu. Tur ini telah menonjolkan unsur militer yang kuat, termasuk di antaranya rombongan militer yang mendominasi, pertukaran simbolis senjata dengan Presiden Vladimir Putin, serta kunjungan ke pabrik pesawat tempur di pusat teknik Komsomolsk-on-Amur.

Usai Aksi Penembakan Massal, Putin Tetapkan 24 Maret Hari Berkabung Nasional

Setelah bertemu dengan Kim pada hari Rabu di kosmodrom Vostochny, yang terletak sekitar 8.000 kilometer dari Moskow, Putin memuji prospek kerjasama yang lebih besar dengan Korea Utara dan menyatakan ada "kemungkinan" kerjasama militer.

Ketika tiba di Vladivostok, sebuah kota pesisir besar yang berdekatan dengan perbatasan China dan Korea Utara, Kim disambut oleh Shoigu dan pengawal kehormatan, melaporkan agen berita negara TASS.

Korban Tewas Aksi Penembakan Massal Moskow Bertambah, Begini Reaksi Putin?

Di lapangan udara Knevichi, Shoigu memperlihatkan Kim "sistem peluru Kinzhal pada pesawat pembawa peluru MiG-31I," kata TASS, menambahkan bahwa "kemampuan teknis dan penerbangannya" dijelaskan kepada Kim oleh pejabat militer terkemuka.

Kim dan Shoigu kemudian naik ke fregat Marshal Shaposhnikov di mana "Panglima Tertinggi Angkatan Laut Rusia, Laksamana Nikolay Evmenov, berbicara tentang karakteristik kapal dan senjata anti-kapal selam - tabung torpedo empat lubang dan peluncur roket RBU-6000," kata TASS.

Kedubes AS di Rusia Sudah Keluarkan Peringatan Aksi Ekstremis, Begini Katanya

Kim diharapkan akan mengunjungi Universitas Federal Wilayah Timur dan laboratorium biologi kelautan di Akademi Sains Rusia di Vladivostok.

Perguruan tinggi di Timur Jauh Rusia secara historis telah menerima mahasiswa dari Korea Utara.

Halaman Selanjutnya
img_title