Detik-detik Pj Bupati Sorong dan Anggota BPK Terciduk OTT KPK

Ketua KPK Firli Bahuri soal OTT BPK di Sorong
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Sebanyak 10 orang berhasil terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Beberapa di antaranya merupakan anggota Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Intip Harta Eks Bupati Kutai Barat, Napi Korupsi yang Cuma Dihukum Tahanan Kota

Adapun dalam kasus ini, tersangka di antaranya adalah Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso alias YPM, dan beberapa anggota BPK.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, 10 orang tersebut ditangkap berdasarkan OTT yang dilakukan pada Minggu, 12 November 2023.

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

"Kondisi ini tentu kita semua terpanggil dengan penuh rasa keprihatinan, karena dari catatan KPK, sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2023 telah dilakukan upaya tangkap tangan dan pemberantasan korupsi kepada kepala daerah yang ada di Papua setidaknya ada sembilan orang," katanya pada Selasa, 14 November 2023.

Adapun lima orang tersangka dilakukan penangkapan pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2014.

Eks Pimpinan KPK Duga Serangan Hacker Didalangi Bandar Judi Online, Ini Buktinya?

Selanjutnya tahun 2020 sampai tahun 2023 sebanyak empat orang yang telah dilakukan tindakan hukum oleh KPK, terhadap kepala daerah yang melakukan tindak pidana korupsi.

"Ya mudah-mudahan hari ini pejabat Bupati Sorong merupakan yang terakhir. Karena ini adalah upaya kita untuk melakukan pembersihan negeri ini dari praktik-praktik korupsi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title