75,5 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi Pasca Putusan MK

Jokowi dan ma'ruf amin
Sumber :
  • Sumber: tvonenews

SiapCharta Politika Indonesia baru-baru ini merilis hasil survei terbarunya terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia minimal capres-cawapres. 

Hasil survei ini mengungkapkan bahwa 75,5 persen masyarakat menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Menurut Direktur Eksekusi Charta Politika, Yunarto Wijaya, dari 75,5 persen tersebut, 11,3 persen menyatakan sangat puas, sementara 64,2 persen menyatakan cukup puas. 

Di sisi lain, sebanyak 23,8 persen masyarakat menyatakan tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, dengan rincian 20,5 persen kurang puas dan 3,3 persen tidak puas sama sekali.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

Yunarto Wijaya juga menyoroti tren yang menunjukkan bahwa angka kepuasan yang masih di atas 70 persen di periode kedua pemerintahan Jokowi-Amin bisa dianggap sebagai angka yang berbeda dari biasanya. 

Survei ini dilakukan pada tanggal 26 hingga 31 Oktober 2023, melibatkan 2400 responden dari 38 provinsi dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dan margin of error ± 2,0 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.