Mahfud MD: Tegakan Hukum Sesuai Kehendak Tuhan!

Cawapres Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo, Mahfud MD menegaskan, tentang pentingnya aspek hukum di Indonesia yang harus dijunjung tinggi untuk mewujudkan demokrasi.

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

"Dalam pembangunan politik, negara kita menganut demokrasi, dimana kekuasaan berada di tangan rakyat. Dalam implementasinya, demokrasi membutuhkan nomokrasi,” katanya dikutip pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Menurut dia, perwujudan demokrasi harus selaras dengan nomokrasi untuk menghindari anarki. Nomokrasi sendiri adalah kedaulatan hukum dalam negara.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Mahfud berpendapat, keselarasan antara demokrasi dan nomokrasi layaknya neraca bagi kestabilan rezim. Apabila salah satu dari mereka lebih berat maka memungkinkan terjadinya anarki.

“Jadi keduanya harus saling bersinergi dan seimbang,” tutur mantan hakim MK tersebut.

PDIP Jalin Komunikasi dengan Cak Imin Bahas Pilkada : Kami Cari Kesepakatan

Lebih lanjut Mahfud menggarisbawahi, bahwa demokrasi sejatinya menghormati keragaman di antara warga negara. Perbedaan ini termasuk perbedaan ras, suku, dan agama.

Dalam konteks Indonesia yang majemuk, pria yang menjabat sebagai Menkopolhukam itu juga menegaskan pentingnya nilai toleransi.

Halaman Selanjutnya
img_title