PT Ichiko Agro Lestari Tegaskan Kolam Penampungan Limbah Bukan Bocor,Tapi Merembes

Kebun Kelapa Sawit PT Ichiko di Desa Kubu
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Bidang Legal PT Ichiko Agro Lestari, Sugie mengklarifikasi berita yang beredar di media sosial yang menyebut kolam penampungan limbah pabrik sawit bocor dan mengakibatkan ikan yang berada di parit mati tersebut tidak benar dan limbah tersebut bukan bocor melainkan merembes karena faktor tanah gambut.

Hilang 3 Hari, Penjual Sayur Ditemukan Tewas di Sungai Kelakik Melawi

‘’Limbah tersebut bukan bocor, melainkan merembes karena faktor tekstur tanahnya lahan gambut. Dan mengenai informasi ada ikan mati di parit juga tidak benar, karena ikan tersebut hanya mabuk, itupun di parit sekitar kebun bukan di parit masyarakat,’’jelas Sugie kepada sejumlah wartawan pada Minggu, 29 September 2024.

Sugie menambahkan, pasca terjadi peristiwa limbah buah sawit merembes dari kolam penampungan sudah melakukan langkah dengan membuat kanal sebanyak tiga lapis. Kanal-kanal tersebut dibangun untuk mengantispasi khawatir akan ada rembesan limbah kembali.

Video Diduga Oknum Anggota TNI Aniaya Warga Melawi Kalbar Viral di Media Sosial

‘’Untuk membangun tiga kanal tersebut kami menerjunkan puluhan alat excavator yang bekerjasama dengan koperasi. Dan saat ini kolam yang merembes tersebut sudah berhasil diatasi. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan resah, karena kami menjamin semuanya sudah klir,’’tambahnya.

DLHK Kalbar Tegaskan Gudang Pengumpulan Limbah B3 PT Mitra Karya Kencana Belum Miliki Festronik

Lebih lanjut, Sugie mengatakan, PT Ichiko Agro Lestari memiliki 11 kolam penampungan limbah. Dari 11 kolam tersebut, pada kolam ke-10 dan ke-11 airnya sudah steril dan ikan yang berada di kolam tersebut juga hidup.

‘’Dalam kolam ke-11 tersebut ada ikan dan ikanya hidup. Artinya pada kolam limbah ke-11 sudah seteril dan tidak racun,’’ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title