Geger, Samsung Dikabarkan Bakal Tinggalkan AMD dan Mulai Adopsi GPU Buatan Sendiri, Benarkah?

Potret ilustrasi Samsung Exynos
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Baru baru ini tersiar kabar bahwa Samsung bakal meninggalkan AMD dan mulai mengadopsi GPU buatan sendiri untuk SoC (System on Chip) flagship Exynos 2600 di masa depan.

Heboh soal Juru Parkir Liar, Begini Respons Pemerintah: Siap-siap Penertiban Massal

Jika benar kabar tersebut benar, artinya langkah ini akan menandai perpisahan antara Samsung dan AMD, yang telah bekerja sama untuk membawa GPU berbasis RDNA ke platform mobile sejak peluncuran Exynos 2200.

Informasi ini datang dari Roland Quandt, seorang tipster yang dikenal cukup andal dalam hal informasi seputar industri teknologi.

Diundang sebagai Pembicara Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Alasannya Jadi Presiden Indonesia

Quandt mengungkapkan bahwa penerus Exynos 2400 yang dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2025, mungkin masih akan menggunakan GPU XClipse yang didasarkan pada arsitektur AMD RDNA.

Namun, keputusan Samsung untuk beralih ke GPU buatan sendiri diperkirakan akan terjadi pada tahun 2026.

PT ABM Investama Tbk (ABMM) Menggelar RUPS, Simak Kinerjanya Sepanjang Tahun Lalu

Detail mengenai SoC Exynos 2600 masih sangat terbatas pada saat ini. Ini termasuk informasi terkait dengan GPU yang akan digunakan oleh Samsung, mengingat waktu peluncurannya yang masih cukup jauh.

Namun, banyak yang menduga bahwa Samsung kemungkinan besar akan tetap menggunakan AMD RDNA sebagai dasar dalam merancang GPU-nya. Menariknya, langkah yang diambil oleh Samsung ini mengingatkan pada apa yang pernah dilakukan oleh Qualcomm ketika mereka pertama kali merancang GPU Adreno yang sekarang telah menjadi bagian penting dari SoC Snapdragon mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title