Luar Biasa, Siswi JIS Berhasil Ubah Abu Terbang Jadi Bata Ramah Lingkungan

Potret ilustrasi Batu Bata dari Fly Ash
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Luar biasa, seorang siswi kelas 12 di Jakarta Intercultural School (JIS) bernama Sheina Ashley Pribadi berhasil mengubah abu terbang (fly ash) menjadi batu bata ramah lingkungan.

Permudah Pendistribusian Logistik, Pemerintah Genjot Pembangunan Jalan Daerah

Proyek yang ia inisiasi dengan nama ACE bertujuan untuk menciptakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, dengan tujuan mengurangi emisi karbon.

Dalam proyek ACE-nya, Sheina berhasil menciptakan semen ramah lingkungan yang tidak hanya lebih murah, tetapi juga lebih kuat daripada bahan konvensional. 

Sempat Bikin Gaduh Soal Massa Bayaran di Kampanye Anies, May Rahmawati Minta Maaf

Yang lebih menakjubkan lagi, semen ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan batako, yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan batako semen tradisional.

Motivasi Sheina untuk memulai proyek ini adalah menggantikan penggunaan batako dan batu bata tanah liat yang telah lama menjadi penyebab polusi lingkungan. 

Viral, Emak-emak Histeris Saat Dibawa ke Kampanye AMIN: Saya Mau Ketemu Prabowo Bukan Anies

Pendekatan yang diambil adalah dengan menggantikan sebagian besar bahan baku semen dalam batako dengan fly ash, yang merupakan produk sampingan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara. 

Dengan demikian, fly ash yang sebelumnya hanya menjadi sampah dapat digunakan secara produktif dan mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title