Pesona Desa Wisata Wayang Sidowarno: Harmoni Budaya dan Ketangguhan Lokal Bersama KBA

Wisata Desa Wayang Sidowarno, Klaten
Sumber :
  • sapamama.com

Siap – Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, tersembunyi sebuah desa yang memikat dengan budaya tradisionalnya—Desa Wisata Wayang Sidowarno. Desa ini tidak hanya terkenal karena produksi wayang kulitnya, tetapi juga karena semangat kolektif yang kuat dalam melestarikan seni budaya tersebut.

Menjejak Peluh Siti Salamah, Pembawa Asa Pemulung Sampah

Sebagai salah satu Kampung Berseri Astra (KBA), Sidowarno menjadi contoh nyata kolaborasi antara tradisi dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Usaha Bersama (UB) Bima.

Local Champion KBA Sidowarno yang juga koordinator lapangan Desa Wisata Wayang Butuh, Nardi Baron Wayang menceritakan perjalanan lika-liku KBA Sidowarno hingga kini.

Lawan Stigma ODMK, Triana Rahmawati Bangun Griya Schizofren untuk Memanusiakan Manusia

"Memang jatuh bangun, sudah berusaha maksimal agar UD Bima tidak bubar. baru pada Agustus 2018 Kampung Butuh resmi menjadi Kampung Berseri Astra," kata Baron seperti dikutip siap.viva.co.id dari bisnis.espos.id, Jumat, 25 Oktober 2024.

Baron mengatakan, Sidowarno tidak hanya menjadi pusat pembuatan wayang kulit yang detail dan penuh makna, tetapi juga tempat di mana wisatawan bisa menyaksikan langsung proses pembuatan wayang dan merasakan suasana asli budaya Jawa.

PN Jaktim Kabulkan Gugatan Supplier CPO ke Perusahaan Agribisnis Astra Senilai Rp56 M

Menurutnya, masyarakat desa hidup berdampingan dengan seni tradisi ini, menjadikan wayang kulit lebih dari sekadar kerajinan, melainkan sebuah identitas.

Sebagai desa wisata, Sidowarno berhasil memadukan pengembangan pariwisata dengan upaya melestarikan nilai-nilai lokal. 

Halaman Selanjutnya
img_title