Gibran Rakabuming Bakal Cawapres? Kontroversi Pernyataan Anwar Usman Guncang Publik!

Anwar usman
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) berencana memutuskan uji materi batas usia capres-cawapres, termasuk gugatan yang diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia. 

Polemik tersebut semakin memanas setelah pernyataan kontroversial Ketua MK Anwar Usman dalam kuliah umum di Semarang pada 9 September 2023 lalu.

Anwar Usman secara tersirat memberikan indikasi bahwa MK mungkin akan mengabulkan gugatan terkait batas usia capres-cawapres untuk mereka yang berusia di bawah 40 tahun.

Pidato ini mencuatkan dugaan keterlibatan politik dalam putusan MK, terutama terkait dengan Gibran Rakabuming, adik ipar Presiden Jokowi, yang disebut-sebut sebagai calon wakil presiden potensial di Pilpres 2024.

Dalam wawancara, Anwar Usman menyinggung perbandingan dengan pemimpin muda lainnya, termasuk Perdana Menteri Inggris.

Namun, video yang diunggah oleh @NarasiNewsroom menunjukkan bahwa pernyataannya dianggap bertentangan dengan Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi.

Reaksi publik pun bermacam-macam. Putri mantan Presiden Gus Dur, Alissa Wahid, mengajukan pertanyaan kritis melalui Twitter, menyoroti apakah pernyataan tersebut benar-benar terkait dengan upaya mengubah batas usia capres-cawapres.