Rhoma Irama Ragukan Nasab Habaib, Jawaban Buya Yahya soal Tes DNA

Kolase Rhoma Irama dan Buya Yahya
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Ulama asal Cirebon, KH Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya angkat bicara soal polemik tes DNA dalam menentukan nasab para habaib. Hal tersebut ia utarakan ketika salah seorang jemaah bertanya atas sikap Buya Yahya soal penentuan nasab dengan tes DNA.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon itu, prihal menentukan nasab ada ilmunya dalam ajaran Islam. Sementara, kata Buya Yahya, DNA tidak termasuk dalam hal itu.

"Justru bahaya sekali kalau orang sudah masuk pembahasan seperti ini. Urusan nasab-nasab jangan dihubungkan dengan urusan DNA," kata Buya Yahya seperti disitat dari akun Youtube Al-Bahjah TV, Jumat, 21 Juni 2024.

Buya mengatakan, DNA bisa digunakan untuk masalah seperti menemukan kasus kejahatan yang selain bukan urusannya dengan nasab.

"Kalau nasab sudah ada di dalam Islam, sebab DNA itu tidak kenal akad nikah, biarpun tidak nikah bisa saja nyambung. Sementara di dalam Islam ada namanya pernikahan yang sah," katanya.

Menurutnya, untuk menentukan nasab adalah dengan istifadhah. Sebagaimana Buya contohkan, misalnya di kampung terdengar bahwa si A anaknya si B, selagi orang berbicara bahwa itu adalah anaknya.

Maka, benar itu adalah anak si B yang sudah mengakui si A. Sehingga, kata Buya, tak perlu bertanya menanyakan di mana tempat menikah.