Fantastis! Belanja Periklanan di Indonesia Tembus Rp 39, 7 Triliun, Nih Bocorannya

Ilustrasi periklanan di Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Tren periklanan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang semakin pesat hingga jelas akhir tahun 2023 ini. Angkanya disebut-sebut tembus hingga puluhan triliun rupiah.

Lantas seperti apa detailnya? Simak ulasan berikut ini.

Berdasarkan data studi yang dikeluarkan Statista pada Juni 2022, belanja iklan digital di Indonesia disebut-sebut mencapai total USD 2,28 M, atau setara Rp 35,5 triliun pada akhir tahun 2022. 

Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi USD 2,55 M atau sekitar Rp 39,7 triliun pada tahun 2023, di mana angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 12 persen dari tahun ke tahun.

Tren periklanan semakin berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. 

Hal ini membuat para pelaku usaha harus memutar cara bagaimana menemukan strategi marketing yang tepat untuk diaplikasikan kepada bisnis mereka. 

Adapun tahun ini industri periklanan didominasi personalisasi dan penggunaan data untuk menciptakan campaign yang menarik serta relevan terhadap audiens.

Pemanfaatan teknologi seperti data analytics, serta kecerdasan buatan menjadi semakin penting hingga berbagai tren yang telah ada dan terus berkembang.