Menguak Keajaiban Sangiran, Situs Purbakala Terbesar di Kaki Gunung Lawu: Buruan Gabung di Sini!

Temuan purbakala di situs Sangiran
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Penemuan situs purbakala tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan ada satu lokasi yang dianggap terbesar dan terpenting di dunia, yaitu situs Sangiran.

Untung-Rugi Pakai Kendaraan Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, Sangiran terletak di kaki Gunung Lawu, sekira 15 km dari lembah Sungai Bengawan Solo.

Sejumlah peneliti menganggap, bahwa Sangiran sebagai pusat peradaban besar, penting, dan lengkap manusia purba di dunia karena memberikan petunjuk tentang keberadaan manusia sejak 150.000 tahun silam.

Fantastis! Belanja Periklanan di Indonesia Tembus Rp 39, 7 Triliun, Nih Bocorannya

Situs ini menyimpan kekayaan fosil-fosil purbakala, mulai dari fosil manusia purba, binatang-binatang purba, hingga hasil kebudayaan manusia praaksara.

Adapun situs Sangiran terletak di dua wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Sragen dan Karanganyar, dengan luas mencapai 59,21 kilometer persegi.

Jalur Rempah Jadi Warisan Dunia, Kemdikbud akan Daftarkan ke Unesco

Wilayah Sangiran memiliki karakteristik berbentuk menyerupai kubah raksasa dengan cekungan besar di pusat kubah akibat peristiwa erosi.

Lembah Sangiran itu diwarnai dengan perbukitan bergelombang. Kondisi deformasi geologis inilah yang menyebabkan tersingkapnya berbagai lapisan batuan yang mengandung fosil-fosil purbakala.

Halaman Selanjutnya
img_title