Musim 2024/2025 Liga Inggris Bikin Aturan Baru, Simak di Sini

Arne Slot pelatih Liverpool
Sumber :
  • flashscore.nl

SiapLiga Inggris mengubah beberapa regulasi dan memberlakukan aturan baru pada musim 2024/2025. Aturan tersebut mulai dari penggunaan teknologi offside semiotomatis, pengumuman sebelas pertama, hingga pengetatan aturan soal tambahan waktu.

Erik ten Hag Puas dengan Direksi Baru, Roy Keane Lihat Masa Depan Cerah MU

"Penggunaan teknologi offside semiotomatis seharusnya tidak hanya mengurangi jeda (untuk pengambilan keputusan oleh wasit-red) tetapi juga memberikan kepercayaan diri dalam setiap prosesnya," ujar Kepala Sepak Bola Premier League, Tony Scholes, Kamis, 15 Agustus 2024.

Tony melanjutkan, dengan teknologi tersebut, pihaknya berharap keputusan offside dapat dibuat lebih cepat 30 detik daripada sistem sebelumnya.

Community Shield: 5 Fakta Mencengangkan Manchester City vs Manchester United

Teknologi offside semiotomatis diawali dengan penempatan kamera-kamera pemantau di banyak titik di stadion. Kamera ini juga bisa mengikuti arah bola dan menyerap ribuan data pergerakan bola tersebut dengan pemain.

Ketika terjadi peristiwa yang menentukan, seperti penalti, gol atau kartu merah, teknologi itu akan melacak apakah ada pemain yang terkena offside.

Erik ten Hag Sebut Masa Depan Mason Mount di Manchester United Cerah

Jika ada, maka teknologi itu akan mengirim peringatan ke pusat VAR (Asisten Wasit Video). Kemudianm ofisial VAR akan melihat kontak pemain dengan bola dan garis offside otomatisnya yang sudah terekam. Dari situ, ofisial VAR akan mengabarkannya ke wasit di lapangan.

"Jadi disebut semiotomatis karena masih memerlukan beberapa validasi terhadap hasil VAR seperti mengidentifikasi titik tendang," kata Kepala Wasit Professional Game Match Officials Limited (PGMOL), Howard Webb.

Halaman Selanjutnya
img_title