Pengamat Prediksi Pilkada DKI 2 Putaran, Duel Ketat RK-Suswono Vs Pramono-Rano

Kolase kontestan Pilkada DKI
Sumber :
  • Istimewa

SiapPilkada DKI Jakarta 2024 mendatang akhirnya diikuti oleh tiga kontestan yang terdiri dari pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Abyoto.

LS Vinus Rilis Hasil Survei Pilkada Depok: Supian Suri Unggul, Petahana Bukan Lawan Berat?

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie memprediksikan pemilihan tersebut bakal terjadi 2 putaran.

Namun, kata Jerry, pasangan calon independen Dharma-Kun hanya akan menjadi 'pelengkap' penyelenggaraan pemilihan tersebut sehingga kecil kemungkinan untuk lolos ke putaran kedua.

Supian Suri Unggul dari Petahana di Survei LS Vinus, PKB: Gelombang untuk Perubahan Depok Lebih Maju

Ia mengatakan, putaran kedua Pilkada DKI akan mempertemukan duel antara pasangan RK-Suswono yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dan duet Pramono-Rano yang diusung partai pemenang Pileg 2024 PDI Perjuangan.

Ia menilai, Pilkada DKI bakal ketat hingga putaran kedua, karena para kontestan akan sulit memenuhi aturan undang-undang untuk menang satu putaran di Jakarta harus meraih suara minimal 50 persen plus satu.

Sat Set Maksimalkan Kesehatan Warga Depok, Supian-Chandra Janjikan Posyandu Modern

"Pilkada Jakarta bakal berjalan ketat. Mungkin Kalau bisa saya prediksi para pasangan ini prosentase (hanya) bisa 45 persen," kata Jerry seperti dikutip di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024.

Meski diperkirakan berjalan ketat, Jerry berharap pilkada ini akan berjalan dengan baik, tanpa ada kecurangan. Dia juga mengimbau bagi pasangan yang kalah dalam Pilkada Jakarta nanti dapat menerima dengan lapang dada.

Halaman Selanjutnya
img_title