Harga BBM RI Siap Naik Lagi: Perang Israel-Hamas dan Dampaknya Terungkap!

Ilustrasi BBM
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Pengamat energi terkemuka, Komaidi Notonegoro, mengungkapkan prediksinya terkait potensi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berkaitan dengan lonjakan harga minyak mentah dunia. 

Polisi Bongkar Kasus Pemalsuan BBM di SPBU Depok, Nih Daftarnya

Menurutnya, konflik antara Israel dan Hamas di Timur Tengah menjadi pemicu ketidakpastian yang berpotensi memengaruhi harga BBM.

Dalam wawancaranya dengan VIVA Bisnis dikutip Siap.Viva. pada Kamis, 12 Oktober 2023, Komaidi menyatakan bahwa faktor non-fundamental, seperti ketegangan politik, memiliki dampak signifikan terhadap pergerakan harga minyak. 

Pasca Kebakaran SPBU Panangga di Jalan Alternatif Cileungsi Warganet Ramai Ungkap Begini

Ketidakpastian pasar terhadap produksi minyak mentah juga turut mempengaruhi pergerakan harga tersebut.

"Ini biasanya lebih tidak terkendali karena ada kekhawatiran pasokannya atau produksinya terhambat. Sehingga pasar merespons lebih panik umumnya demikian, dan harga biasanya jauh lebih tidak terkendali," ujar Komaidi.

Breaking News Kebakaran di SPBU Panangga Jalan Alternatif Cileungsi Pagi Tadi 04.30 Diduga Karna Ini

Menurutnya, kekhawatiran dan panik pasar terhadap produksi dapat menyebabkan kenaikan harga minyak mentah di pasar internasional. 

"Kalau itu terjadi, tentu harga di pasar internasional akan naik. Kalau harga minyak mentahnya naik, secara otomatis harga BBM juga akan naik," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title