Diresmikan Jokowi, Universitas Gunadarma Jadi Kampus Pertama di IKN Berskala Internasional

Presiden Jokowi resmikan Universitas Gunadarma di IKN
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang berdiri di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Proyek itu diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 4 Juni 2024. 

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan tentang pentingnya fasilitas pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global yang makin ketat.

"Sehingga SDM-SDM yang kita miliki nantinya, sumber daya yang kita miliki nantinya akan memiliki kualitas yang sangat baik, karena memang sekarang persaingan antarnegara, kompetisi antara SDM-SDM di sebuah negara dengan negara yang lain ini begitu sangat ketatnya," katanya dikutip pada Kamis, 6 Juni 2024.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

Jokowi meyakini, bahwa keberadaan universitas seperti Gunadarma di kawasan IKN ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM di Pulau Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Timur.

Dirinya berpendapat, bahwa fasilitas pendidikan dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi dibutuhkan oleh masyarakat sekitar IKN. 

Pilu, Ibu Kandung Pegi Setiawan Minta Tolong Jokowi Usai Sidang Ditunda, Kami Orang Miskin

Atas dasar itulah, Presiden Jokowi pun mengapresiasi pembangunan Universitas Gunadarma sebagai universitas pertama di IKN. 

"Saya sangat menghargai, mengapresiasi universitas pertama yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara yaitu Universitas Gunadarma yang nanti akan mengambil program doktoral internasional yang bekerja sama dengan Universitas di Prancis, di Slovakia, di Swedia, dan lain-lainnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title