Tiongkok Disebut Kuasai Investasi Terbesar di Indonesia, Ini Respons Bahlil

Bahlil Lahadalia
Sumber :
  • viva.co.id

Siap – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Singapura merupakan negara investor terbesar di Indonesia pada tahun 2023, dengan nilai investasi mencapai 15,4 miliar dolar AS.

Astaga, Jepang Diguncang Gempa dan Dihantam Tsunami Hari Ini

Lalu Tiongkok berada di urutan kedua dengan nilai investasi 7,4 miliar dolar AS, Hongkong 6,5 miliar dolar AS, Jepang 4,6 miliar dolar AS, Malaysia 4,1 miliar dolar AS, dan Amerika Serikat 3,3 miliar dolar AS.

Kemudian di posisi ketujuh dan seterusnya ada Korea Selatan dengan nilai investasi 2,5 miliar dolar AS, Belanda 1,3 miliar dolar AS, Kepulauan Virgin Britania Raya 0,7 miliar dolar AS, dan Australia dengan nilai investasi 0,5 miliar dolar AS.

Pengamat Sebut Investor bakal Tinggalkan IKN Jika Keppres Perpindahan Ibu Kota Tak Kunjung Terbit

Tonton VIdeo: Polda Metro Gerebek Home Industry Narkoba Sinte di Perumahan Mewah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membantah jika investasi di Indonesia selama ini dikuasai oleh Tiongkok karena investor terbanyak Indonesia justru berasal dari Singapura.

Ngeri, Pemain Legenda Jepang Sebut Timnas Indonesia Jadi Ancaman Negara negara di Asia?

Data BKPM menunjukkan bahwa Singapura telah menduduki posisi sebagai negara investor terbesar di Indonesia setidaknya sejak tahun 2019.

"Jadi sangat tidak benar jika ada orang-orang yang mengatakan bahwa investasi yang masuk ke Indonesia dikuasai satu negara, yaitu Tiongkok," kata Bahlil seperti dikutip saat mengisi kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu, 2 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title