Bikin Was-was, Sandiaga Ancam Blokir Game Online yang Langgar Aturan: Kami Tidak Ragu

Menparekraf Sandiaga Uno soal game Free Fire
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Pemerintah tak segan untuk menindak tegas sejumlah game yang mengandung kekerasan. Hal itu pun menjadi sorotan Menparekraf, Sandiaga Uno. 

Walkot Depok Ingin Punya 4 Gedung Berskala Internasional: Barusan Saya Bisik ke Pak Gubernur

Tindakan tegas berupa ancaman pemblokiran dinilai penting untuk mencegah masifnya keberadaan game yang belakangan dianggap memicu dampak buruk bagi anak. 

"Kita memang saat ini tengah membangun industri digital, salah satunya gim. Tapi memang ada dampak negatif yang harus menjadi perhatian, yaitu soal kekerasan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, disela-sela acara Jakarta Future Forum, di Hotel JW Marriott, Jakarta pada Kamis, 2 Mei 2024. 

Ramai-ramai Desak Game Online Berisi Unsur Kekerasan Diblokir, Yunus Husein: Semua Harus Bergerak

Sandiaga mengaku mendapat banyak laporan dari KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) dan LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia). 

Dia mengatakan, game yang memikili unsur kekerasan sudah cukup meresahkan karena memicu tindak kriminalitas terhadap anak

Soal Game Online Battle Royal yang Bikin Resah, KPAI: Ya Harus Diblokir

"Sekarang kami sedang menunggu hasil kajian resmi dari mereka (KPAI dan LPAI), kemudian kita akan kolaborasikan dengan (Kementerian) Kominfo," ujarnya. 

"Kami tidak ragu memblokir game-nya, jika memang itu diperlukan demi melindungi anak-anak kita," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title