Banyak Motor Mogok Terjebak Banjir Pantura, Pemudik Hati-hati Lewat Jalur Kaligawe Semarang

Banjir Jalan Kaligawe, Semarang.
Sumber :
  • viva.co.id

SiapHujan yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai Jumat (5/4) malam hingga Sabtu (6/4) ini, menyebabkan jalur mudik Pantai Utara Jawa (Pantura) Jalan Kaligawe terendam banjir.

BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai Potensi Banjir Rob 8–12 Mei

Akibatnya, banyak pemudik bersepeda motor yang terjebak banjir dengan ketinggian hampir setengah meter di jalur utama mudik ke arah Demak, Kudus, Pati, hingga Rembang itu.

Genangan terparah di tikungan Pasar Kubro arah Jalan Kaligawe, tepatnya di akses tol dalam Kota Semarang, serta depan Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Kini tengah diupayakan pompa air yang ada untuk mengurangi genangan.

Akhir Pekan BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta, Berikut Wilayah Ibu Kota yang Bakal Diguyur Hujan

Kepolisian juga memberlakukan pengalihan ke jalan lain bagi pemudik bersepeda motor yang akan menuju Demak untuk menghindari jalur pantura yang tergenang banjir tersebut.

"Pemudik akan diarahkan melalui Simpang Lima, terus sampai Jalan Wolter Monginsidi sebelum kembali lagi ke jalur pantura arah Demak," kata Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi seperti dikutip, Sabtu, 6 April 2024.

BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta Sepekan Kedepan Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir Pada Waktu Ini

Dari pantauan di lokasi, sejumlah sepeda motor yang nekat melintasi jalan banjir tersebut mogok. Sebagian besar sepeda motor itu berasal luar Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah.

Tak hanya itu, kemacetan panjang juga terjadi di Jalan Arteri Yos Sudarso akibat kendaraan yang mengantre saat akan melintas di jalan jalur pantura tersebut.