BI Siapkan Kuota 5.000 Orang per Hari untuk Tukar Uang, Berikut Rincian Pecahannya

Pecahan uang.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kebutuhan uang tunai saat Ramadan atau Idulfitri umumnya meningkat drastis termasuk uang recehan baru yang menjadi primadona saat bagi-bagi uang di kampung halaman.

Menelisik Ritual Kebo Andil, Tradisi Betawi Depok yang Nyaris Hilang Tergerus Zaman

Bank Indonesia (BI) bersama perbankan membuka kuota tukar uang untuk 5.000 orang per hari melalui Aplikasi Pintar dalam layanan kas keliling terpadu di wilayah DKI Jakarta selama 28-31 Maret 2024. Ada 16 perbankan yang dilibatkan, membuka layanan penukaran ini.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan tiap orang hanya bisa menukar untuk maksimal satu paket senilai Rp 4 juta rupiah per hari.

Ini yang Bikin Rupiah Anjlok Rp 16.220 per USD

"Mereka terlebih dahulu mendaftar di Aplikasi Pintar dan membawa kartu identitas untuk proses verifikasi pada saat penukaran rupiah. Nilai paket tersebut telah ditambah dari sebelumnya Rp 3,8 juta pada tahun lalu," kata Marlison seperti dikutip di Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

"Kenapa buat paket, dan satu orang satu penukaran karena kami ingin adanya keadilan dan pemerataan kepada sebagian besar masyarakat," ungkapnya.

Soal Pemudik yang Bawa Perantau ke Depok, Sekda Supian: Semua Punya Hak untuk Mencari Nafkah

Ia mengatakan, masyarakat dapat menukarkan uangnya untuk pecahan antara lain Rp 2.000, Rp 10.000, Rp 20.000 dan Rp.50.000. 

Dalam realisasi penukaran rupiah di tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar masyarakat menukarkan uangnya kurang dari Rp4 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title