Konsumen Senang, Pedagang Riang: Ini Tips Belanja di Pasar Digital
- Istimewa
Siap – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar memanfaatkan lokapasar atau e-commerce alias pasar digital.
Hal tersebut bertujuan untuk memperluas pangsa pasar, seiring meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia.
Dosen sekaligus pengusaha atau dosenpreneur, Dian Ikha Pramayanti mengatakan, transformasi e-commerce dalam bentuk pasar digital mengharuskan para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan.
Seperti memahami dinamika pasar digital, kecakapan menggunakan teknologi, pemahaman transaksi digital, pemasaran dan strategi online.
"Berinteraksi, berlokabolasi dan berwirausaha di dunia digital dengan baik dan sesuai etika di dunia nyata serta dengan keterampilan digital yang mumpuni," ungkap Dian Ikha Pramayanti, saat diskusi dalam Program Indonesia Makin Cakap Digital dikutip pada Selasa, 26 Maret 2024.
Dian Ikha, juga menilai jika bisnis online saat ini lebih unggul dibandingkan dengan bisnis konvensional.
Sebab dalam bisnis tersebut sangat fleksibel, akses global, kecepatan respon dan pendekatan berbasis data.