Kondisi Terkini Banjir di Jateng, 6 Kabupaten/Kota Terendam

Potret ilustrasi Banjir
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Tingginya intensitas hujan sejak Rabu 13 Maret 2024 mengakibatkan 6 Kabupaten dan Koya di wilayah Jawa Tengah terendam banjir dan Kota Semarang menjadi salah satu wilayah yang paling terdampak banjir.

Tim U-16 Indonesia Gagal ke Final ASEAN Boys Championship Setelah Dihajar Australia 3-5

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng menyebutkan, kota/kabupaten yang terendam banjir, adalah Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Grobogan, Demak, Pati dan Kudus.

Di Kota Semarang banjir tersebar di 11 titik. Banjir merendam rumah warga, sekolah, tempat usaha, pertokoan, jalan pantura hingga jalur kereta api.

Jadwal Pertandingan Tim U-16 Indonesia vs Australia ASEAN Boys U-16 Championship 2024

Di Kabupaten Pekalongan, banjir bandang terjadi di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong.

Dua warga meninggal dunia hanyut, puluhan rumah dan sejumlah fasilitas umum rusak. Tercatat 61 orang di sana mengungsi.

Gegara Ini, Primus Marah saat Rapat di Gedung DPR: Semoga Secepatnya Ditangkap KPK

Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah, Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evakuasi korban banjir di sejumlah daerah. Pihaknya bersama BPBD Kabupaten/Kota sudah menyiapkan sejumlah personel maupun peralatan untuk evakuasi warga.

"Jadi SOP pertama kita adalah penyelamatan. Ini menjadi upaya utama dalam penyelamatan masyarakat. Bukan bicara harta benda, itu ditinggal dulu. Masyarakat harus aman dulu,” kata Bergas pada keterangan pers Pemprov Jateng seperti dikutip Jumat 15 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title