Gunung Ibu Meletus, Semburkan Abu Vulkanis 800 Meter

Ilustrasi gunung meletus.
Sumber :
  • viva.co.id

SiapGunung Ibu yang terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, meletus dan menyemburkan abu vulkanis setinggi 800 meter dari puncak kawah gunung berapi tersebut.

Gunung Ruang Erupsi PVMBG Jelaskan Potensi Tsunami Bisa Terjadi Dikarnakan Adanya Ini

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu Axl Roeroe mengatakan, letusan tersebut terjadi pada pukul 08.07 WIT dengan kolam abu tebal mengarah ke selatan dan barat daya.

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 milimeter dan durasi 190 detik," kata Roeroe seperti dikutip, Ahad, 3 Maret 2024.

Ngeri, Ini Penjelasan PVMBG Soal Meletusnya Gunung Ruang di Sulut

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu dan selalu berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Gunung Ibu berada pada status level II atau waspada dengan rekomendasi masyarakat di sekitar gunung berapi tersebut agar tidak beraktivitas di dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

Manado Gelap Gulita Akibat Letusan Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Halaman Selanjutnya
img_title