RUU Daerah Khusus Jakarta Siasat Jokowi untuk Kaesang Berkuasa, Begini Kata Rocky Gerung

Rocky Gerung soal cawe cawe Jokowi untuk Kaesang
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Rocky Gerung Official

Siap – Selain hak angket, isu yang kalah seru menyita perhatian publik adalah Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta. Hal itu diduga bagian dari rencana perluasan dinasti Jokowi, untuk putra bungsunya, Kaesang Pangarep. 

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Isu ini telah memantik perdebatan banyak pihak. Salah satunya yang ikut berkomentar adalah pengamat politik Rocky Gerung

Dikutip dari tayangan channel YouTube Rocky Gerung Official, mantan Dosen Universitas Indonesia (UI) itu menilai, bahwa RUU Daerah Khusus Jakarta itu merupakan bagian dari perencanaan dinasti yang mungkin juga akan gagal. 

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

"Tapi idenya dari awal harus diduga karena bagaimanapun juga Jakarta adalah pusat bisnis, pusat pengambilan keputusan meski nanti ada IKN," katanya.

Sebab menurut Rocky Gerung, Jakarta akan tetap menjadi kota politis, dan di dalamnya ada rakyat yang punya hak sebagai warga negara untuk bisa memenuhi segala kebutuhan dasarnya. 

Puan Sebut PDIP Berpeluang Usung Kadernya di Pilgub Jakarta, Figur Ini Masih Dipertimbangkan

"Jadi kalau (Gubernur) tidak dipilih itu artinya ini jadi semacam protektorat dari istana aja kalau gubernurnya ditunjuk dan kemudian ditambah lagi bahwa wakil presiden akan jadi semacam kepala otorita aglomerasinya Jakarta." 

"Secara administratif mungkin efisien, tapi ini juga harus kita lihat perencanaan politik Jokowi dari awal yang menginginkan bahwa kekuatan-kekuatan dia harus diselundupkan melalui undang-undang," sambungnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title