Manuver Jokowi-Surya Paloh untuk Redam Oposisi: Strategi Licik Penyambung Lidah Terungkap!

Jokowi dan prabowo
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Pertemuan misterius antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, melalui jamuan makan malam di Istana Negara, memunculkan berbagai spekulasi dan tanda tanya dalam dunia politik Indonesia. 

Waduh! Rocky Gerung Diamuk Anak Buah Hercules, Apa Masalahnya?

Seiring deklarasi Nasdem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden, hubungan politik mereka tampak berada pada titik kritis.

Meskipun Nasdem adalah salah satu partai pendukung pemerintah, posisinya terasa terdesak setelah kehilangan dua kader menteri akibat kasus korupsi, yaitu Johnny Gerard Plate dan Syahrul Yasin Limpo. 

PDIP Tidak Mengundang Jokowi di Rakernas Djarot Syaiful Sebut Presiden Sibuk dan Menyibukkan Diri

Dalam konteks Pilpres 2024, perolehan suara Anies-Muhaimin yang berada di bawah rivalnya, Prabowo-Subianto, memberikan Nasdem peluang untuk menjadi oposisi.

Menurut peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro, pertemuan Jokowi-Surya Paloh bisa diartikan sebagai taktik Jokowi untuk menghindari konsolidasi oposisi 

Tim LQ Indonesia Law Firm Ngamuk di Kantor AHY: Anda Itu Anak SBY

terhadap pemerintahan mendatang. 

Terutama mengingat retaknya hubungan Jokowi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akibat manuver politik menjelang Pemilu dan Pilpres.

Halaman Selanjutnya
img_title