Menyingkap Keberadaan Suku Paling Misterius di Aceh, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi suku Mante.
Sumber :
  • hello-pet.com

Siap – Zulyani Hidayah dalam Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia menjelaskan Suku Aceh memiliki beberapa nama lain, seperti Lam Muri, Lambri, Akhir, Achin, Asji, A-tse, dan Atse. Suku Aceh merupakan keturunan berbagai suku, kaum, dan bangsa yang menetap di tanah tersebut.

Panglima Perang Pasti Punya Tato Ini, Berikut Makna Rajah Suku Dayak

Di antara beberapa suku, terdapat satu legenda rakyat Aceh menyebut penduduk Aceh paling tua berasal dari Suku Mante dan Suku Lhan.

Arndt Graf dalam Aceh: History, Politics and Culture, mengatakan Suku Mante merupakan etnis lokal berkerabat dengan suku Batak dan Gayo

Waduh Mengerikan! Sejarah Suku Manguni yang Ditantang Habib Bahar : Emang Punya Nyali

"Sedangkan suku Lhan berkerabat dengan suku Semang yang bermigrasi dari Semenanjung Malaya atau Hindia belakang (Champa, Burma)," tulis Graf.

Menyikapi argumen tersebut, Alamsyah dalam bukunya Ensiklopedi Aceh: Adat, Bahasa, Geografi, Kesenian, Sejarah mengungkapkan Suku Mante pada mulanya mendiami wilayah Aceh Besar dan kemudian menyebar ke tempat-tempat lainnya.

Rela Pasang Badan Demi Rakyat, Sahat Banjir Dukungan untuk Maju di DPRD Depok

Namun, kata Alamsyah, ada pula dugaan secara etnologi tentang hubungan suku Mante dengan bangsa Funisia di Babilonia atau Dravida di lembah sungai Indus dan Gangga.

"Tapi hal tersebut belum dapat ditetapkan oleh para ahli kepastiannya," tulis Alamsyah.

Halaman Selanjutnya
img_title