Usai Pemilu 2024, Pemerintah Lanjutkan Pembagian Bansos Beras

Presiden Jokowi di Gudang Bulog.
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Siap – Pemerintah memutuskan menghentikan sementara penyaluran bantuan pangan yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah yang dikelola Badan Logistik (Bulog) pada 8-14 Februari 2024 untuk menghormati penyelenggaraan pemilu.

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Penghentian bantuan pangan jelang masa tenang dan pencoblosan suara Pemilu 2024 juga sekaligus menegaskan bahwa tidak ada politisasi bantuan pangan.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamuthi memastikan penyaluran bantuan pangan beras akan dilanjutkan pada 15 Februari, setelah pemungutan suara Pemilu 2024.

Muhammadiyah Singgung Judi Online saat Khutbah: Kita Sebagai Umat Malu

"Bantuan pangan jalan lagi tanggal 15 Februari," kata Bayu seperti dikutip di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 12 Februari 2024.

Bulog menncatatkan, stok beras yang ada di gudang Bulog saat ini sebanyak 1,189 juta ton. Pemerintah telah mengalokasikan 2 juta ton beras dari impor, yang baru terealisasi 500 ribu ton.

Pastikan Datang Penuhi Panggilan Polisi, Hasto Imbau Kader PDIP Tetap Tenang

Ia memaparkan, telah melakukan persiapan panjang untuk mengamankan stok beras nasional, terutama ketika menghadapi paceklik yang diperkirakan terjadi pada bulan Juni, Juli, dan Oktober.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memperkirakan produksi beras nasional sesuai Survei Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS) pada panen raya Maret mendatang bisa melebihi 34 juta ton.

Halaman Selanjutnya
img_title