Lembaga Survei Prediksi PSI dan Gelora Lolos Parlemen, Kok Bisa?

Potret Ketum PSI Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Lembaga Survey dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkini yang memprediksikan Partai Gelora dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bakal lolos ambang batas parlemen di Pilpres 2024.

Nama Menteri Kabinet Prabowo Beredar, Rocky Gerung: Baik Buat Partai Tapi Buruk Bagi Jokowi

"PSI mendapatkan 4,2 persen dan Gelora 4,1 persen," kata Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 11 Februari 2024.

Pada survei sebelumnya, periode 28-31 Januari 2024, PSI masih berada 4 persen. Sementara Gelora berada pada 3,6 persen.

Saksi Anies-Muhaimin Sebut Bansos dan Kunker Jokowi Tambah Suara Prabowo-Gibran 26 Juta Lebih

Adapun faktor meningkatnya elektabilitas kedua partai tersebut lantaran efek dari mendukung paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

Igor mengatakan survei tersebut dilakukan pada rentang 5-8 Februari 2024 dengan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP.

Jawaban Menohok Gibran Ketika Ganjar Tolak Jabatan Menteri Kabinet Prabowo: Siapa yang Nawari?

Adapun metode yang digunakan adalah random digit dialing. Proses survei dilakukan melalui telekomunikasi oleh surveyor terlatih dengan bantuan kuisioner. Hasilnya, margin of error sekira 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei SPIN, kata Igor, telah mencatat ada sekira 10 partai yang diperkirakan lolos ambang batas parlemen di antaranya Gerindra 22 persen, PDI Perjuangan 19,2 persen, Golkar 10,2 persen, PKB 8 persen, dan Nasdem 6,1 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title