Debat Pamungkas Pilpres 2024: Momen Kritis untuk Menentukan Nasib Bangsa

Ahmad Khoirul Umam
Sumber :
  • Detik

Siap –12 hari menjelang pencoblosan, ketegangan politik memuncak menjelang debat terakhir Pilpres 2024

Langkah PKS Secara Pribadi Mengusung Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta Disebut PKB Keputusan Blunder

Ahmad Khoirul Umam, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs, menggarisbawahi pentingnya momen ini dalam mengonsolidasikan dukungan.

Dalam pandangannya, debat ini menjadi penentu akhir, sebuah pukulan terakhir yang bisa membentuk hasil di hari pencoblosan, 14 Februari.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

"Debat terakhir ini sangat penting untuk mengonsolidasikan basis dukungan masing-masing capres-cawapres di detik-detik terakhir," kata Umam, sambil menyoroti peran debat dalam merebut hati swing voters, para pemilih yang belum menentukan pilihan.

Umam menggambarkan situasi di mana Prabowo-Gibran berusaha meraih kemenangan satu putaran, sementara Anies-Ganjar berupaya menahan proses konsolidasi kekuatan lawan.

Fiks, PKS Resmi Usung Sohibul Iman di Pilgub Jakarta, Nasib Anies Baswedan?

 Dalam konteks ini, strategi ofensif dari kubu 01 dan 03 diantisipasi, sementara Prabowo harus siap menghadapi serangan ganda.

Debat kelima, dengan tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi, diharapkan menjadi panggung keputusan. 

Halaman Selanjutnya
img_title