Jatuh Bangun Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

Perayaan Imlek.
Sumber :
  • siap.viva.co.id - Noer Ardiansyah

Siap – Tahun Baru Imlek menjadi salah satu momen penting di Indonesia. Perayaan masyarakat Tionghoa ini bahkan sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah.

Habib Rizieq Bongkar Sosok Eks Bos Judi yang Jadi Watimpres: Kacau, Astagfirullahalazim!

Allhasil WNI keturunan Tionghoa bebas merayakan hari raya mereka secara terbuka.

Tapi kamu tahu, gak jika perayaan yang berbau Imlek pernah dilarang di Indonesia pada masa pemerintahan rezim Orde Baru?

Jangan Kaget, Ayah Hary Tanoesoedibjo Ternyata Mualaf, Dekat dengan Tokoh NU Ini

Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa dilarang merayakan Imlek. Hal ini dipertegas dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden No 14/1967 tentang Pembatasan Agama, Kepercayaan, dan Adat Istiadat Tiongkok.

Dalam instruksi tersebut ditetapkan bahwa seluruh Upacara Agama, Kepercayaan, dan Adat Istiadat Tionghoa hanya boleh dirayakan di lingkungan keluarga dan dalam ruangan tertutup.

Prabowo Ingatkan Hari Lahir Soeharto

Instruksi Presiden ini bertujuan mengeliminasi secara sistematis dan bertahap atas identitas diri orang-orang Tionghoa terhadap Kebudayaan Tionghoa termasuk Kepercayaan, Agama, dan Adat Istiadatnya.

Dengan dikeluarkannya Inpres tersebut, seluruh Perayaan Tradisi dan Keagamaan Etnis Tionghoa termasuk Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, Pehcun, dan sebagainya dilarang dirayakan secara terbuka.

Halaman Selanjutnya
img_title