Kemenkominfo Waspada Serangan Siber Data Pemilu 2024: Sangat Masif!

Kemenkominfo soal kejahatan siber jelang Pemilu 2024
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah fokus menghadapi potensi adanya berbagai persoalan digital jelang perhelatan akbar Pemilu 2024.

Kabupaten Klungkung dan Kominfo RI Kolaborasi Promosi Wisata Lewat Pemasaran Digital

Terkait hal itu, keamanan siber menjadi menjadi pembahasan penting dari webinar literasi digital yang digelar Ditjen Aptika Kemenkominfo pada Kamis, 25 Januari 2024.

Kegiatan yang diisi oleh tiga narasumber penting, mulai dari Wakil Ketua DPR-RI, Lodewijk F Paulus, Prof Dodo Muktiyo selaku Praktisi Literasi Digital dan Akademisi Yuri Rahmanto itu dilaksanakan untuk mengantisipasi penyimpangan penggunaan teknologi dan pencurian data pribadi saat Pemilu.

Luncurkan Politics 101, Jalan Pintas Anak Muda Melek Politik

Dalam paparannya, Lodewijk F Paulus menyebut bahwa di era digital saat ini media sosial kian salah digunakan. 

Musabab, kini hal tersebut menjadi tempat sarana penyebaran informasi hoax, sara dan lainnya yang menyesatkan masyarakat.

Waspada Jeratan Pinjol Ilegal di Balik Budaya Konsumtif Jelang Lebaran

Dia berpendapat bahwa informasi hoax yang kerap didapati masyarakat adalah buah dari mudahnya akses informasi yang didapat di media sosial. 

"Perkembangan teknologi ini begitu pesat. Namun tentunya ada positif dan negatifnya. Maka di tengah mudahnya mendapatkan informasi, maka harus semakin bijak pula untuk mencernanya," kata Lodewijk dalam keterangan tertulis yang diterima siap.viva.co.id pada Jumat, 26 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title