Jamin Hak Politik Napi, Rutan Depok Aktif Libatkan KPU hingga Dukcapil, Nih Datanya!

Pendataan pada warga binaan atau napi di Rutan Depok
Sumber :
  • Istimewa

SiapRutan Depok tengah melakukan berbagai persiapan jelang Pemilu 2024. Salah satunya adalah pendataan warga binaan atau narapidana alias napi, terkait daftar pemilih tetap (DPT). Hal itu dipastikan untuk memenuhi hak politik mereka. 

Menelisik Jejak Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Dipecat Gegara Skandal Asmara, dari Hotel hingga....

Kasubsi Administrasi dan Perawatan Rutan Depok, Brahmatiya Putra Sakti mengungkapkan, untuk memenuhi hak politik para warga binaan tersebut, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"DPT per Juni 2023 itu sekira 909 orang, dan itu mungkin akan berubah sampai detik ini dan posisinya sekarang itu kami melaporkan adanya 952 DPT  warga binaan kami untuk melakukan pengecekan pemilu," katanya saat dikonfirmasi pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Namun demikian, kemungkinan besar data itu akan terus berubah, mengingat jumlah warga binaan sendiri tidak tentu, karena ada yang masuk dan ada pula yang keluar (pindah atau bebas). 

"Mungkin itu nanti kami akan laporkan kembali, karena laporan sistem laporannya itu sampai H- 7 sebelum pemilihan ditutup. Total warga binaan kami sampai saat ini ada 975 orang," jelasnya. 

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Sakti juga memastikan, bahwa pihaknya akan mengirimkan laporan secara berkala setiap minggunya pada KPU. 

"Jadi laporannya kami kirim per minggu, itupun dari warga binaan atau dari pegawai yang akan melakukan pemilu di Rutan Depok," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title