Menguak Makna Merah dalam Tradisi Imlek: Mitos Makhluk Ganas dan Menyeramkan

Pernak pernik Imlek.
Sumber :
  • siap.viva.co.id - Noer Ardiansyah

SiapMerah menjadi warna yang selalu melekat dalam perayaan tradisi Tahun Baru (Imlek). Hampir seluruh bagian pernak pernik perayaan tersebut berwarna merah, lokasi perayaan Imlek pun tak luput dari hiasan berwarna merah.

Memahami Lebih Utuh Tradisi Ruwatan dan Artinya

Semarak warna merah juga terlihat dari berbagai kegiatan seni kegembiraan perayaan Imlek, seperti atraksi barongsai, petasan, lampion, angpau, dan berbagai jenis pagelaran.

Apa makna penting di balik semaraknya warna merah dalam perayaan Imlek? Untuk memahami hal itu, alangkah bijaknya kita menoleh sejenak ke akar sejarah bangsa padat warisan leluhur ini.

Menguak Sejarah Tradisi Perang Pasola Sumba Barat

Berdasarkan informasi yang dihimpun siap.viva.co.id dari berbagai sumber, keidentikan warna merah dengan tradisi yang melekat sejak turun temurun itu memiliki esensi sebagai tolak bala atau menghadirkan keberuntungan di tengah peranakan Tionghoa.

Dikisahkan pada zaman China kuno, ada mahkluk ganas dan menyeramkan pemangsa hewan ternak, hasil pertanian dan bahkan memangsa manusia. Hewan seram oleh masyarakat disebut Nian.

Tak hanya Indonesia, Ternyata Lima Negara Ini Punya Tradisi Mudik

Makhluk pemangsa itu diyakini warga muncul pada hari pertama Tahun Baru penanggalan Tionghoa.

Agar selamat dari petaka Nian, warga pun rela memberikan sesajian yang diletakkan di depan pintu rumah masing-masing. Diyakini setelah memakan berbagai jamuan itu Nian akan segera pergi dan tidak mengganggu warga.

Halaman Selanjutnya
img_title