Permainan Tetris, Gim Asyik yang Pernah Dimainkan di Ruang Angkasa

Ilustrasi gim tetris.
Sumber :
  • Pinterest

Siap – Bermain tetris bagi anak-anak ternyata membawa manfaat yang bagus. Gim menyusun balok sesuai warna dan posisi tersebut bukan sekadar permainan pengisi waktu bagi anak-anak.

Serge Aurier Menyala! Tantang ZInchenko Angkat Senjata di Ukraina

Permainan yang pertama kali diperkenalkan oleh Alexey Pajitnov dari Rusia ini tercatat sebagai salah satu gim legendaris.

Siapa sangka, permaian yang tampak sederhana ini memiliki manfaat yang bagus anak-anak. Permainan tetris termasuk gim manusia yang bukan hanya populer, tapi juga pernah menjelajah ke stasiun ruang angkasa.

Usai Aksi Penembakan Massal, Putin Tetapkan 24 Maret Hari Berkabung Nasional

Dilansir dari Guinness World Records 2014 Gamer’s Edition, tetris termasuk video game pertama dan satu-satunya yang pernah pernah ke luar angkasa. Pada tahun 1993, astronot Rusia Aleksander Serebrov membawa Nintendo Game Bo dan Tetris Cartridge dalam roket Soyuz TM-17 dalam misi Rusia ke Stasiun Ruang Angkasa Mir.

Permainan Tetris menjadi gim pertama yang dimainkan di ruang angkasa.

Photo :
  • Dok/wiki commons
Korban Tewas Aksi Penembakan Massal Moskow Bertambah, Begini Reaksi Putin?

Dibalik legendaris dan populernya permainan tetris memiliki beberapa manfaat bagi anak-anak yakni meningkat kinerja otak dan melatih konsentrasi sehingga anak-anak belajar fokus, membantu anak disleksia, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa permainan tetris membantu anak disleksia belajar membaca lebih baik.

Selain itu, permainan tetris membantu meredakan gejala trauma, permainan tetris bisa mengatasi trauma pada anak-anak yang pernah mengalami kecelakaan dan mengasah kemampuan menyelesaikan masalah, melalui tetris anak akan berlatih menyusun dan menggabungkan balok geometri sampai membentuk barisan balok yang utuh dan tidak ada ruang kosong.

Halaman Selanjutnya
img_title