Menapak Jejak Margonda, Pahlawan Depok yang Makamnya Entah di Mana

Margonda yang menjadi nama jalan utama di Depok.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Selain merupakan nama salah satu jalan utama, mungkin sebagian besar masyarakat Depok belum tahu arti nama Margonda. Lantas, siapakah dia dan di manakah makamnya berada?

Supian Suri Kantongi SK DPP PKB untuk Pilkada Depok 2024, Ingin Lakukan Perubahan Margonda Sentris

Margonda merupakan seorang pahlawan yang terkenal gagah berani dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Lelaki yang lahir sekitar tahun 1918 di Bogor ini memiliki nama kecil adalah Margana.

Tercatat dalam sejarah, pada tahun 1945 persisnya tatkala terjadi bom Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, Margonda aktif dalam gerakan kepemudaan yang kemudian membentuk tentara atau barisan perang.

Imbas Pohon Tumbang dan Banjir, Margonda Depok Macet Parah

Syahdan bersama tokoh pemuda lainnya, Margonda mendirikan Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI) yang bermarkas di Jalan Merdeka, Bogor. Sayangnya, keutuhan daripada gerakan tersebut cukup singkat.

Banyak dari anggota lainnya yang kemudian bergabung dengan Pemuda Sosialis Indonesia (Pesindo), Kebaktian Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), dan gerakan lainnya. Adapun dengan Margonda tetap menjadi seorang pemimpin AMRI.

Perempuan Berdaya: inDrive Peringati Hari Kartini dengan Acara Penuh Inspirasi

Bermodalkan bakatnya yang sangat luar biasa, setelah mengikuti pendidikan kemiliteran, ia pun kemudian masuk Batalion Kota Bogor dengan pangkat letnan muda dan bergabung bersama pasukan Batalion I di Depok.

"Mungkin warga Depok lebih tahu bagaimana kehebatan beliau ini (Margonda). Meski lahir di Bogor, saya sendiri belum tahu lebih dalam perjuangan beliau di sana. Namun demikian, berdasarkan cerita yang saya dapat kisah beliau sangat mengharukan," kata Maksum (40) selaku Petugas Dinas Sosial Taman Makam Pahlawan Dreded, Bogor, beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title