Nah Loh! KPU Siapkan Teguran untuk Grace Natalie Protes ke Moderator Debat Capres

Ketua Kpu
Sumber :
  • Liputan 6

Siap –Ketegangan kembali menghiasi panggung debat capres ketika Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menuju moderator untuk menyampaikan protes terhadap gestur kontroversial pendukung Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Tindakan ini memicu pernyataan tegas dari Ketua KPU, Hasyim Asy'ari.

"Ya mestinya enggak tepat ya. Artinya walaupun mungkin saling kenal di antara mereka itu kan bisa menimbulkan persepsi yang tidak tepat."

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa tindakan Grace Natalie tidak sesuai prosedur, dan KPU berencana memberikan teguran terkait insiden tersebut pada evaluasi debat ketiga.

"Ya (teguran) nanti pada evaluasi."

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Menurut Hasyim, aturan yang telah disepakati setelah evaluasi debat pertama menunjukkan bahwa tugas pengawasan perilaku pendukung di ruang debat adalah tanggung jawab LO dari masing-masing paslon.

"Sebetulnya kan kesepakatan setelah debat pertama disepakati, katakanlah, untuk saling mengingatkan pendukung yang hadir di dalam ruang debat, disepakati masing-masing menyiapkan LO kan, untuk katakanlah mengingatkan atau mengendalikan pendukung yang hadir langsung di studio."

Halaman Selanjutnya
img_title