Jurus Jitu Gerak 98 Wujudkan Pelaku Usaha Mikro Jadi Tulang Punggung Ekonomi Negara

Potret Jubir Gerak 98 Lukman Hakim
Sumber :
  • Siap.viva.co.id/istimewa

Siap –Juru Bicara Gerakan Aktivis GERAK 98 Lukman Hakim Piliang bersama Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) Jakarta menggelar Program Relawan Menjemput UMKM di Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (06/01).

Hadiri Acara Kicau Mania Kota Depok ke 25, Supian Suri Sebut Hobi Burung Dorong Perekonomian UMKM

Sekitar 300 warga mendapatkan; Bimbingan Pembuatan NIB dan Pembekalan Berusaha.

Program Pemberdayaan UMKM ini telah dilakukan sebelum kontestasi politik 2024 dan bersinergi dengan beragam kelembagaan dan menuntut kerja keras konsisten.

Tujuh Peluang Usaha 2024 Modal Kecil Belum Banyak Pesaing

“Kami rutin melakukan program pemberdayaan khususnya pelaku usaha mikro melibatkan beragam kelembagaan seperti perguruan tinggi, mahasiswa-mahasiswi, praktisi ekonomi dan perbankan, serta asosiasi usaha mikro. Terpenting adalah konsisten bersama mereka," ujar Lukman.

Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran penting, pelaku usaha mikro menjadi tulang punggung perekonomian hal inilah yang menjadi dasar bagi GERAK 98 untuk concern terhadap mereka. Hingga kini total sekitar 1.200 lebih pelaku usaha mikro mendapatkan bantuan pembuatan NIB dan beragam program pemberdayaan usaha.

Pemerintah Minta Pelaku UMKM Dituntut Melek Teknologi

“Covid-19 menghentak kita untuk bertindak lebih, pelaku usaha mikro menjadi satu-satunya yang mampu bertahan dalam melakukan kegiatan perekonomian dan terbukti secara nasional mereka juga yang membantu ekonomi negara. Hingga kini 1.200 telah mendapatkan bantuan bimbingan membuat NIB dan terus-menerus kami melakukan bimbingan usaha, penguatan kapasitas bersama dengan kawan-kawan mahasiswa, " katanya.

Lukman yang juga dosen di salah satu perguruan tinggi swasta mencermati pelaksanaan pembuatan NIB menjadi penting dan praktek sarat dengan pungutan liar (pungli) dan ketidaktauan dalam proses dan tujuan pembuatannya.

Halaman Selanjutnya
img_title