Bukan Rakyat yang Menentukan! Andi Widjajanto Akui Jokowi Terus Memanipulasi Suara untuk Ganjar

Tangkap layar
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, memberikan wawasan mendalam mengenai Jokowi selalu membuntuti strategi pemenangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dalam debat ketiga Pilpres 2024

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

Dalam wawancaranya di kanal YouTube Renad Khasali, Andi menjelaskan metode trianggulasi yang digunakan tim untuk menyusun program unggulan baru.

"Trianggulasi lintas metode menjadi kunci strategi kami. Kita tidak hanya mengandalkan survei kuantitatif atau kualitatif, tetapi juga melakukan fokus group discussion (FGD) di 31 kota, menggunakan media analitik prediktif, dan mengundang ahli dari luar negeri," ungkap Andi.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Dalam penelitian ini, tim pemenangan tidak hanya mengandalkan survei saja.

Andi mengingatkan tentang pengalaman saat Pemilu 2014, di mana hasil survei awal hanya memberikan 8% dukungan pada Mas Ganjar, tetapi pada kenyataannya, ia memenangkan pemilu dengan 41,42%.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

Trianggulasi dilakukan untuk menguji metodologi yang digunakan. Andi menjelaskan.

"Kami membandingkan beberapa media analysis dengan artificial intelligence, menggunakan metrik seperti Share of Voice (SOV) dan sentimen net. Semuanya kami kombinasikan untuk menghasilkan prediksi akhir."

Halaman Selanjutnya
img_title