Mengenang Rizal Ramli: Ekonom Hebat yang Meninggalkan Jejak Abadi Bagi Bangsa

Rizal ramli
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Hari ini, Indonesia meratapi kehilangan sosok brilian, Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan sekaligus seorang ekonom, yang berpulang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada Selasa, 2 Januari 2024, pukul 19.30 WIB.

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

Rizal Ramli, lahir pada 10 Desember 1954, bukan hanya dikenal sebagai tokoh pergerakan mahasiswa pada era 1977/78, tetapi juga sebagai pribadi yang berani dan tegas dalam menyampaikan pandangan. Julukan seperti Sang Penerobos dan Rajawali Ngepret melekat padanya sebagai hasil ketegasannya.

Perjalanan kariernya melibatkan sejumlah posisi strategis, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri Koordinator bidang Perekonomian, serta Menteri Keuangan di Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Meskipun ditawari berbagai jabatan tinggi oleh Soeharto dan Gus Dur, Rizal Ramli tetap konsisten menolak hingga akhirnya menerima tawaran menjadi Kepala Badan Urusan Logistik atas permintaan Gus Dur.

Dalam lingkup internasional, Rizal pernah menjadi anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menolak jabatan Sekretaris Jenderal Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) demi fokus mengabdi pada Indonesia.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

"Sang Penerobos" bukan tanpa alasan; ide-idenya yang tidak konvensional namun tepat sasaran, selalu berpihak pada kepentingan rakyat.

Bahkan, pernah didaulat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) tandingan setelah perpecahan organisasi pada September 2013.

Halaman Selanjutnya
img_title