Peneliti Gempa Sebut Indonesia Berpotensi Dilanda Tsunami Setinggi 34 Meter, Daerah Mana Itu?

Ilustrasi tsunami dan gempa di Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Sejumlah peneliti mengungkapkan, bahwa Indonesia berpotensi dilanda tsunami setinggi 34 meter. Kondisi tersebut berkaitan dengan tingkat gempa yang terjadi sejumlah daerah. Seperti apa ulasannya? Simak artikel berikut ini.

Breaking News: Gempa Mengguncang Bumi Maluku Senin Sore, Begini Kondisinya

Dikutip dari tayangan YouTube Metro TV, beberapa peneliti mengungkapkan, bahwa potensi tersebut diprediksi melebihi ketinggian tsunami Aceh, yang terjadi pada tahun 2006 silam. 

Salah satu peneliti BMKG, Peppen Supendi dari penelitiannya mengungkap, bahwa potensi ini berkaitan dengan tingkat kegempaan yang tinggi di dalam serta juga di wilayah Jawa Barat dan juga Sumatera.

Breaking News! Cianjur Kembali Diguncang Gempa Darat: Ya Allah Ngeri

Hal ini merupakan akibat dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan juga subduksi di bawah lempeng Sunda. 

Penelitian ini melibatkan sejumlah ahli kegempaan dalam negeri, di antaranya Dwikora Karenawati, Yatimantoro, pihak BMKG, BRIN, University of Cambridge termasuk dari BNPB. 

Breaking News: Cianjur Diguncang Gempa Usai Magrib, Begini Kondisinya

Sehingga penelitian ini sangat tidak main-main dan bukan sembarangan. Para peneliti ini memanfaatkan katalog yang bersumber dari BMKG serta dari pusat penelitian internasional periode April 2009 sampai Juni 2020 untuk melakukan people center gempa. 

Jadi mereka berkumpul, kemudian hasil penelitiannya ditemukanlah bahwa ini akan ada celah seismik besar di selatan Jawa Barat dan Sumatera bagian tenggara yang berpotensi menjadi gempa dahsyat, yakni gempa megathrust.

Halaman Selanjutnya
img_title