Daendels Jual Tanah Negara Demi Menggenapi Kekurangan Anggaran Jalan Raya Pos

Jalan Raya Pos antara Probolinggo dan Kraksaan.
Sumber :
  • kitlv.nl

Siap – Pembangunan Jalan Raya Pos (De Grote Postweg) terkendala. Pembuatan jembatan di jalur Cianjur-Sumedang tersendat. Begitu pula pemangkasan lereng gunung di jalur Parakamuncang-Sumedang.

Ngeri! Zaman Daendels, Korupsi Dihukum Mati

Pengikisan jalan terjal berbatu di daerah Cadas Pangeran tak kalah pelik. Banyak pekerja tak mampu meneruskan pekerjaan karena melihat teman sejawat hilang nyawa.

Usai menerima laporan tersebut, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels langsung bergerak cepat mencari solusi terbaik.

Berapa Gaji Kuli Pekerja Pembangunan Jalan Raya Pos Daendels

Mas Galak tak mau rencana pembangunan jalan untuk kepentingan ekonomi dan militer terganggu. Rencana selesai dalam setahun tak bisa diulur lagi.

Daendels lantas mengeluarkan keputusan tertanggal 28 Maret 1809 tentang penetapan pemberian secara gratis satu setengah pon beras setiap hari dan lima pon garam setiap lima bulan kepada kuli terutama berasal dari daerah sekitar Batavia dan Priangan.

Kritik Simbolik Raden Saleh untuk Gubernur Jenderal Daendels dan Jalan Raya Pos

Sementara, para pekerja di jalur Sumedang akan menerima tambahan upah meliputi mandor jalan beroleh tiga ringgit, pekerja pembuat jalan dua ringgit uang perak, dan masing-masing kepala akan ditambah beras sebanyak tiga kantong sebagai penyesuaian dasar.

Pekerja di jalur Megamendung juga ditambah menjadi total 400 pekerja, sementara di jalur Priangan-Cirebon ditambah menjadi total sebanyak 500 pekerja.

Halaman Selanjutnya
img_title